Minggu, 16 Oktober 2011

Sea Cyber Class



Apa itu "Sea Cyber Class"? Sea Cyber Class adalah sebuah metode baru pembelajaran, dimana metode pembelajaran ini memanfaatkan sepenuhnya kecanggihan teknologi yang berkembang saat ini.

Sea Cyber Class, tidak bertumpu pada pembelajaran konvensional yang masih berlaku sampai sekarang, melainkan menjadi lebih fleksibel dan menarik.

Dalam sebuah sistem yang dikembangkan, pasti akan selalu ada kekurangan dan kelebihan. Begitu juga dengan Sea Cyber Class. Berikut pendapat kami mengenai kelebihan dan kekurangan dari Sea Cyber Class:

Kelebihan:
  • Bisa menghemat pengeluaran (paling tidak menghemat yang namanya : "Kertas". Coba kita bayangkan, seandainya sebuah propinsi mengadakan ujian seperti biasa, "berapa banyak kertas yang harus digunakan? Sedapat mungkin kita harus menghemat pemakaian kertas, karena semakin banyak kertas yang kita gunakan, maka semakin banyak pula terjadi polusi udara (yang disebabkan oleh penebangan pohon - pohon yang menjadi dasar pembuatan kertas). --> *Jadi Curhat
  • Dapat mendistribusikan pendidikan keseluruhan Indonesia dalam waktu bersamaan. Dengan penggunaan Sea Cyber Class, pendidikan diseluruh Indonesia bisa dijangkau dengan baik dan dalam waktu yang bersamaan. Jadi tidak ada lagi perbedaan antara daerah dengan kota. (yang biasanya pendidikan didaerah selalu tertinggal bila dibandingkan dengan kota, maka dengan Sea Cyber Class ini hal tersebut bisa diatasi).
  • Dapat menerima data secara bersamaan dengan kecepatan yang lebih baik. Biasanya ketika kita menerima atau mengirim data menggunakan internet membutuhkanwaktu yang lama, apalagi data dalam kapasitas besar, kita menunggu terlalu lama ternyata data tersebut tidak terkirim. Dengan Teknologi Sea Cyber Class berbeda, kita dapat mengirim data dalam kapasitas besar walaupun kita mengirimnya secara bersamaan dengan orang lain.
Kekurangan:
  • Apabila cuaca buruk, maka tidak bisa diakses karena Sea Cyber Class menggunakan Jaringan Satelit sebagai penghubung.
  • Butuh modal yang cukup besar walaupun sebenarnya lebih irit akan tetapi dana yang dikeluarkan di awal sangat banyak. (untuk pembelian alat - alat yang digunakan)
  • Tidak dapat diakses ketika listrik padam.

Mengkonversikan File RPG Maker VX dalam Bentuk Format .exe Menggunakan InstallShield X




Caranya:

1. Terutama install dulu "INSTALLSHIELD X".
2. Ambil file baru dan pilih "WINDOWS INSTALLER" dan pilih basic MSI.
3. pada "APPLICATION INFORMATION" hanya membuat nama folder utama dan sub folder setelah terinstall.
4. pada "APPLICATION FILES" pilih add files.
5. pada "APPLICATION FILES" pilih add folder dan inputkan folder data yang akan di add pada yg akan dijadikan exe.
6. pada "BUILD INSTALLATION" centang pada bgn atas yaitu "SINGLE EXECUTABLE".
7. Finish. Bisa dilihat pada menu program.

Petunjuk dengan Gambar bisa download di sini

Survei ke Tempat Magang (Sekolah)


 
     Siang hari ini tepatnya jam 10an, saya dan teman-teman (kelompok 10) melakukan survei lokasi ke sekolah tempat kita magang, yaitu SMK Link and Match. SMK link and Match beralamatkan di Jl. Terminal Pondok Cabe No. 95 kelurahan Pondok Cabe Udik Kecamatan pamulang Kabupaten Tangerang Selatan.

     Alhamdulillah kami mendapatkan kesempatan untuk bertemu langsung dengan kepala sekolah dan bagian Sapras SMK Link and match. Hasil pertemuan tersebut kami diterima untuk magang di sana mulai sabtu depan. Untuk melancarkan proses magang tersebut, pihak sekolah meminta program kerja yang akan dilakukan kami selama magang disana dan diserahkan maksimal hari kamis. Hal tersebut dilakukan agar pihak sekolah dapat mempersiapkan diri dalam sosialisasi kepada siswa tentang kegiatan tersebut.

Perkuliahan RPGMakerVX


RPGMakerVX
      Setelah dua hari yang lalu mendapatkan materi tentang library MGatot untuk membuat game edukasi berbasis java mobile, hari ini kita mendapatkan materi perkuliahan dengan tema yang sama (game edukasi) namun pembuatannya yang berbeda, yaitu pembuatan game edukasi dengan menggunakan software RPGMakerVX. Materi perkuliahan ini disamapaikan dalam waktu 3 hari, dengan tujuan utama setiap mahasiswa mampu membuat sebuah game edukasi dengan menggunakan RPGMakerVX.
Pada hari pertama, dijelaskan tentang pengenalan software RPGMakerVX, dan penginstalan software RPGMaker serta mencoba game-game yang telah disediakan (tentunya yang dibuat dengan menggunakan software RPGMaker).
     percobaan memainkan game-game ini bertujuan untuk mempermudah pemahaman mahasiswa untuk memahami cara kerja, dan skenario pembuatan game.

Tugas pertama mata kuliah ini yaitu membuat storyboard game yang pada esok harinya akan digunakan sebagai dasar atau alur atau skenario dari game yang akan dibuat nanti. dalam membuat storyboard perlu ditekankan bahwa sasaran game ini untuk siapa dan mengacu pada buku apa. ini untuk memudahkan kita dalam mengerjakan pembuatan game agar terdapat sinkronisasi antara bahan yang menjadi acuan dengan content dari game yang akan dibuat.

Pada hari Kedua, diberikan penjelasan singkat tentang cara kerja pembuatan game pada RPGMakerVX. pada hari ini kita mulai merancang dan membuat gambar map-map yang sesuai dengan storyboard. setelah pembuatan map, dilanjut dengan membuat karakter dan even-even serta menyisipkan dialog dan pertanyaan yang sesuai dengan storyboard dan mengacu pada buku mata pelajaran.

Kemudian pada hari ketiga, kita dituntut untuk menyelesaikan project game yang telah dirancang dari hari pertama dan kedua. pada akhir perkuliahan hari ini, mahasiswa harus mengumpulkan project game yang telah dibuat (jika sudah selesai). namun, jika belum selesai, dosen memberikan kerenggangan waktu hingga hari senin untuk dikumpulkan di ketua kelas.

MGatot

jarc
        MGatot merupakan sebuah library yang dibuat untuk mempermudah pekerjaan kita dalam membuat sebuah game edukasi yang berbasis java mobile, khususnya untuk programmer pemula. Bentuk kemudahan yang didapatkan dengan menggunakan library MGATOT antara lain :
1. Pembuatan Splash screen tidak harus membuat class splash screen;
2. Pembuatan Menu game tidak harus membuat class untuk menu;
3. Pembuatan HighScore tidak harus membuat class untuk menampilkan HighScore pada game yang dibuat
LMS (Learning Manajaemen System) Moodle


 

        LMS merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak untuk dokumentasi, administrasi, pelacakan, pelaporan program pelatihan, kelas dan kegiatan ‘’online’’, ‘’e-learning program’’, dan isi pelatihan. LMS merupakan sistem untuk mengelola catatan pelatihan dan pendidikan, perangkat lunaknya untuk mendistribusikan program melalui internet dengan fitur untuk kolaborasi secara ‘’online’’.  LSM digunakan oleh institusi pendidikan untuk meningkatkan dan mendukung program pengajaran di kelas dan menawarkan kursus untuk populasi yang lebih besar yaitu seluruh dunia.

Tujuan mengikuti perkuliahan ini adalah agar supaya mahasiswa dapat membuat sebuah sisitem pembelajaran secara online atau sering disebut dengan e-learning. Dalam proses penyelenggaraan e-learning dibutuhkan sebuah Learning Management System (LMS), yang berfungsi untuk mengatur tata laksana penyelenggaraan pembelajaran di dalam model e-learning. LMS sering dikenal dikenal sebagai CMS (Course Management System). Umumnya CMS dibangun berbasis web, yang akan berjalan pada sebuah web server dan dapat diakses oleh peserta melalui web browser (web client). Server biasanya ditempatkan di universitas atau lembaga lainnya, yang dapat diakses  oleh peserta darimana saja dengan memanfaatkan koneksi internet.

Animasi Path Camera pada Three.Js

 

Path camera merupakan bagian fitur camera yang berfungsi untuk mengatur garis edar camera dengan hanya mengarahkan kursor saja. Fitur ini telah tersimpan pada file library three.js. file tersebut berisikan script-script java yang menginisialisasi fungsi parameter agar bisa dipanggil oleh script html. Fungsi parameter tersebut ditunjukkan dalam script:
THREE.PathCamera = function ( parameters ) {
Fungsi tersebut telah tersimpan dalam file path camera. Kemudian agar file html dapat memanggil fungsi yang ada dalam file tersebut, perlu dilakukan pendeklarasian perintah pada file html dengan cara mengetikkan perintah berikut:
camera = new THREE.PathCamera( {
Berikut contoh script html yang dapat memanggil fungsi parameter yang ada pada path camera.
10. 11.
12.
13.
14.
15.
16.
17.
18.
19.
20.
21.
22.
23.
24.
25.
26.
27.
28.
29.
30.
<script type=”text/javascript” src=”../build/Three.js”></script><script type=”text/javascript” src=”js/Stats.js”></script> <script type=”text/javascript” src=”js/Tween.js”></script>
<script type=”text/javascript”>
var statsEnabled = true;
var container, stats;
var camera, scene, renderer;
var cross;
init();
function init() {
scene = new THREE.Scene();
scene.fog = new THREE.FogExp2( 0xffffff, 0.002 );
var waypoints = [ [ -1000, 0, 0 ],
[ 0, 200, 0 ],
[ 1000, 0, 0 ]
];
camera = new THREE.PathCamera( {
fov: 100, aspect: window.innerWidth / window.innerHeight,
near: 1, far: 1000,
waypoints: waypoints, duration: 28,
useConstantSpeed: true, resamplingCoef: 1,
createDebugPath: true, createDebugDummy: true,
lookSpeed: 0.0006, lookVertical: true, lookHorizontal: true,
verticalAngleMap:{srcRange:[0.00, 6.28],dstRange:[1.1, 3.8] },
horizontalAngleMap:{srcRange:[0.00, 6.28], dstRange:[0.3, Math. PI-0.3]}
} );
</script>
Dalam file path camera diatas, terdapat beberapa parameter yang berfungsi menyimpan data agar nantinya bisa dipanggil oleh file html. Parameter tersebut antara lain:
-          Fov : merupakan parameter yang menyimpan data tentang permulaan jarak pandang camera dalam melihat objek.
-          Aspect : merupakan parameter yang menyimpan data tentang pandangan kamera pada windows. Misal “aspect: window.innerWidth / window.innerHeight”, berarti pandangan kamera tersebut masuk kedalam windows.
-          Near : merupakan parameter yang menyimpan data tentang jarak edaran kamera dengan objek  ketika  mendekati objek.
-          Far : merupakan parameter yang menyimpan data tentang jarak minimal pandangan kamera bisa melihat suatu objek
-          Waypoints : merupakan parameter yang menyimpan data tentang koordinat titik edaran kamera mulai berjalan.
-          Duration :             merupakan parameter yang menyimpan data tentang kecepatan durasi waktu persecond edaran kamera terhadap objek
-          useConstantSpeed: merupakan parameter yang menyimpan data tentang kecepatan edara camera, apakah kecepatannya konstan atau sesuai dengan kecepatan gerak cursor.
-          lookSpeed: merupakan parameter yang menyimpan data tentang kecepatan edar pandangan kamera yang ditetapkan.
-          lookVertical: merupakan parameter yang menyimpan data tentang arah edar kamera secara vertikal
-          lookHorizontal: merupakan parameter yang menyimpan data tentang arah edar kamera secara horizontal
-          verticalAngleMap: merupakan parameter yang menyimpan data tentang permulaan pemetaan koordinat sudut vertikal
-          horizontalAngleMap: merupakan parameter yang menyimpan data tentang permulaan pemetaan koordinat sudut horizontal.

Code Igniter

Code Igniter adalah aplikasi open source yang berupa framework dengan model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun website dinamis dengan menggunakan PHP. Code Igniter memudahkan developer untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal. Code Igniter dirilis pertama kali pada 28 Februari 2006. Versi terakhir adalah 1.7.2 dapat dilihat di website resminya (ada dibagian akhir tulisan ini). 

Sebelum membahas lebih jauh tentang salah satu framework PHP ini, mungkin ada yang masih bingung apa itu Framework, apa itu VMC (Model, View, Controller)? 


Framework secara sederhana dapat diartikan kumpulan dari fungsi-fungsi/prosedur-prosedur dan class-class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat pekerjaan seorang pemrograman, tanpa harus membuat fungsi atau class dari awal. 

Ada beberapa alasan mengapa menggunakan Framework: 

Mempercepat dan mempermudah pembangunan sebuah aplikasi web. 
Relatif memudahkan dalam proses maintenance karena sudah ada pola tertentu dalam sebuah framework (dengan syarat programmer mengikuti pola standar yang ada) 
Umumnya framework menyediakan fasilitas-fasilitas yang umum dipakai sehingga kita tidak perlu membangun dari awal (misalnya validasi, ORM, pagination, multiple database, scaffolding, pengaturan session, error handling, dll 
Lebih bebas dalam pengembangan jika dibandingkan CMS 

Sekarang masuk ke pengertian VMC (Model View Controller). 

Model View Controller merupakan suatu konsep yang cukup populer dalam pembangunan aplikasi web, berawal pada bahasa pemrograman Small Talk, MVC memisahkan pengembangan aplikasi berdasarkan komponen utama yang membangun sebuah aplikasi seperti manipulasi data, user interface, dan bagian yang menjadi kontrol aplikasi. Terdapat 3 jenis komponen yang membangun suatu MVC pattern dalam suatu aplikasi yaitu : 

View, merupakan bagian yang menangani presentation logic. Pada suatu aplikasi web bagian ini biasanya berupa file template HTML, yang diatur oleh controller. View berfungsi untuk menerima dan merepresentasikan data kepada user. Bagian ini tidak memiliki akses langsung terhadap bagian model. 
Model, biasanya berhubungan langsung dengan database untuk memanipulasi data (insert, update, delete, search), menangani validasi dari bagian controller, namun tidak dapat berhubungan langsung dengan bagian view. 
Controller, merupakan bagian yang mengatur hubungan antara bagian model dan bagian view, controller berfungsi untuk menerima request dan data dari user kemudian menentukan apa yang akan diproses oleh aplikasi. 

Dengan menggunakan prinsip MVC suatu aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kemampuan developernya, yaitu programmer yang menangani bagian model dan controller, sedangkan designer yang menangani bagian view, sehingga penggunaan arsitektur MVC dapat meningkatkan maintanability dan organisasi kode. Walaupun demikian dibutuhkan komunikasi yang baik antara programmer dan designer dalam menangani variabel-variabel yang akan ditampilkan. 

Ada beberapa kelebihan Code Igniter (CI) dibandingkan dengan Framework PHP lain, 

Performa sangat cepat : salah satu alasan tidak menggunakan framework adalah karena eksekusinya yang lebih lambat daripada PHP from the scracth, tapi Codeigniter sangat cepat bahkan mungkin bisa dibilang codeigniter merupakan framework yang paling cepat dibanding framework yang lain. 
Konfigurasi yang sangat minim (nearly zero configuration) : tentu saja untuk menyesuaikan dengan database dan keleluasaan routing tetap diizinkan melakukan konfigurasi dengan mengubah beberapa file konfigurasi seperti database.php atau autoload.php, namun untuk menggunakan codeigniter dengan setting standard, anda hanya perlu merubah sedikit saja file pada folder config. 
Banyak komunitas: dengan banyaknya komunitas CI ini, memudahkan kita untuk berinteraksi dengan yang lain, baik itu bertanya atau teknologi terbaru. 
Dokumentasi yang sangat lengkap : Setiap paket instalasi codeigniter sudah disertai user guide yang sangat bagus dan lengkap untuk dijadikan permulaan, bahasanya pun mudah dipahami. 
Dan banyak lagi yang lainnya. 

Beberapa website yang menggunakan Code Igniter ini antara lain: TvOne.co.id, Kompas.com dan banyak lagi yang lainnya. Anda bisa membaca secara lengkap tentang CI ini dibeberapa alamat di bawah: 

Situs Resmi: http://www.codeigniter.com 
Codeigniter Indonesia: http://www.codeigniter-id.com 
Video Tutorial Instalasi CI: http://codeigniter.com/tutorials/watch/intro 
Video Tutorial Membuat Blog hanya 20 menit dengan CI: http://codeigniter.com/tutorials/watch/blog