Minggu, 16 Oktober 2011

Perkuliahan RPGMakerVX


RPGMakerVX
      Setelah dua hari yang lalu mendapatkan materi tentang library MGatot untuk membuat game edukasi berbasis java mobile, hari ini kita mendapatkan materi perkuliahan dengan tema yang sama (game edukasi) namun pembuatannya yang berbeda, yaitu pembuatan game edukasi dengan menggunakan software RPGMakerVX. Materi perkuliahan ini disamapaikan dalam waktu 3 hari, dengan tujuan utama setiap mahasiswa mampu membuat sebuah game edukasi dengan menggunakan RPGMakerVX.
Pada hari pertama, dijelaskan tentang pengenalan software RPGMakerVX, dan penginstalan software RPGMaker serta mencoba game-game yang telah disediakan (tentunya yang dibuat dengan menggunakan software RPGMaker).
     percobaan memainkan game-game ini bertujuan untuk mempermudah pemahaman mahasiswa untuk memahami cara kerja, dan skenario pembuatan game.

Tugas pertama mata kuliah ini yaitu membuat storyboard game yang pada esok harinya akan digunakan sebagai dasar atau alur atau skenario dari game yang akan dibuat nanti. dalam membuat storyboard perlu ditekankan bahwa sasaran game ini untuk siapa dan mengacu pada buku apa. ini untuk memudahkan kita dalam mengerjakan pembuatan game agar terdapat sinkronisasi antara bahan yang menjadi acuan dengan content dari game yang akan dibuat.

Pada hari Kedua, diberikan penjelasan singkat tentang cara kerja pembuatan game pada RPGMakerVX. pada hari ini kita mulai merancang dan membuat gambar map-map yang sesuai dengan storyboard. setelah pembuatan map, dilanjut dengan membuat karakter dan even-even serta menyisipkan dialog dan pertanyaan yang sesuai dengan storyboard dan mengacu pada buku mata pelajaran.

Kemudian pada hari ketiga, kita dituntut untuk menyelesaikan project game yang telah dirancang dari hari pertama dan kedua. pada akhir perkuliahan hari ini, mahasiswa harus mengumpulkan project game yang telah dibuat (jika sudah selesai). namun, jika belum selesai, dosen memberikan kerenggangan waktu hingga hari senin untuk dikumpulkan di ketua kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar