Minggu, 16 Oktober 2011

Sedikit Cerita dan pelajaran mengenai blog 

                Pengantar 
 
Apakah itu blog ? Jika kita bertanya pada beberapa orang, maka kita mungkin akan mendapatkan jawaban yang berbeda – beda. Menurut sumber Wikipedia blog didefinisikan sebagai berikut “Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.” Jadi saya tarik kesimpulan bahwa blog adalah web yang berisi tulisan (posting) pemiliknya, yang dibuat dengan menggunakan layanan penyedia blog.
Blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut. Pada hari ini materi utama yang disampaikan adalah cara pembuatan blog, yang akan di jelaskan lebih lanjut dalam sub bab selanjutnya.    

Cara Membuat Blog
           Pada materi yang disampaikan hari ini pembuatan blog dilakukan menggunakan layanan blogger yang dilakukan dengan cara berikut.
1.       Pertama tentu saja masuk ke alamat berikut www.blogger.com .
2.       Setelah itu lakukan login dengan menggunakan account gmail Anda.
3.       Lalu akan muncul form pendaftaran, isi dengan username yang Anda inginkan, lalu ceklis check box yang ada, dan pilih jenis kelamin Anda, setelah selesai, klik “Continue”.
4.       Lalu Anda akan masuk ke Dashboard. Klik link “Ciptakan Blog Anda / Create your Blog”.
5.       Akan muncul form lagi, isi dengan alamat blog dan judul blog Anda, setelah itu klik “Continue”.
6.       Lalu Anda akan berada di halaman pilih template, pilih template yang diinginkan lalu klik “Continue”.
7.       Akan muncul tulisan Blog Anda sudah Jadi. Klik “Mulai blogging”.
Setelah berhasil membuat blog, Anda juga dapat memasukan tulisan kedalamnya, atau istilah lainnya posting. Saat Anda klik “Mulai blogging”,  halaman akan redirect ke form posting dan Anda dapat mengisinya denga tulisan Anda. Tetapi selain itu Anda juga dapat memasukan image atau gambar dan link. Untuk memasukan image klik icon lalu akan muncul form untuk upload. Anda dapat mengupload dari gambar di computer Anda, dari album yang ada, juga lewat url. Sedangkan untuk menambahkan link, Anda klik tulisan link, lalu masukan alamat dan teks dari link tersebut.
Pada tab posting tersebut juga terdapat “edit post” dan “edit pages”. Edit post digunakan untuk mengubah tulisan yang sudah Anda post. Dan edit pages digunakan untuk mengubah page atau halaman statis dari blog Anda (seperti About dll).
Comment
Pada tab ini berisi pengaturan mengenai komentar yang ada pada posting-posting kita di blog. Dapat menghapus komentar, juga dapat menentukan apakah komentar itu span atau bukan. Apabila komentar itu dipilih sebagai spam, maka komentar akan menuju bagian spam dan Anda dapat menghapus komentar tersebut.
Settings
Tab ini berisi semua pengaturan utama blog yang kita miliki. Pengaturan tersebut dibagi2 dalam beberapa kategori seperti :
1.       Basic, yang berisi pengaturan dasar blog. Seperti judul blog, deskripsi, dan lainnya.
2.       Publishing, berisi pengaturan alamat blog. Pada bagian ini kita dapat mengganti alamat blog kita.
3.       Formatting, berisi pengaturan format tanggal, bahasa, dll.
4.       Comments, berisi pengaturan komentar. Apakah komentar akan ditampilkan atau tidak, dan sejenisnya.
5.       Archiving, berisi pengaturan arsip tulisan. Apakah perbulan, pertahun, dll.
6.       Site Feed, atau mungkin umpan adalah sarana untuk mempromosikan blog kita. Pada bagian ini berisi pengaturan, apakah kita akan membuat feed blog kita atau tidak.
7.       Email and Mobile, berisi pengaturan untuk email notifikasi akan ditujukan kemana, dan pengaturan tampilan pada mobile device.
8.       Open ID, dimana id yang digunakan blog ini dapat digunakan pada account yang terdapt open id juga.
9.       Permissions, berisi pengaturan penulis blog, siapa saja yang dapat ikut menulis di blog.


            Design
Tab ini berisi pengaturan untuk tampilan blog kita. terdiri dari tiga bagian, yaitu:
1.       Page Element
Tempat untuk mengatur penempatan posisi post, halaman, archive dan widget-widget lainnya.
2.       Edit HTML
Tempat untuk mengubah penempatan posisi secara manual menggunakan HTML.
3.       Template Designer
Pengaturan untuk template atau tampilan visual seperti warna, gambar, teks dan lain-lain.
Monetize
Monetize berarti mencetak sesuatu menjadi uang. Pada tab ini berisi pengaturan untuk mencetak uang di blog. Dengan cara bergabung di layanan iklan.
Stats
Pada tab ini berisi statistik dari blog kita, dari mulai jumlah pengunjung, jumlah post, komentar, dan hal lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar